Simak !!! CPNS Daerah Dibuka Sebentar Lagi, Inilah Simulasi Gaji CPNS Per Bulan !

OperatorZamanNow.Com -  Selamat siang sahabat situs berbagi. Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini telah memberikan target pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Pada saat ini kementerian masih menunggu mengenai jumlah formasi CPNS 2018 yang telah diajukan oleh pemerintah daerah atau Pemda.



Jadi, bagi rekan-rekan di seluruh daerah Indonesia silahkan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi CPNS pemda 2018. Sebagai motivasi, berikut kami bagikan gambaran dan simulasi pendapatan yang akan diterima CPNS jika nanti dinyatakan lulus. 

Gaji pokok
Sesuai bunyi pasal 5 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1977 kepada seorang yang diangkat menjadi calon Pegawai Negeri Sipil, diberikan gaji pokok sebesar 80 % (delapan puluh persen) dari gaji pokok.


Selain gaji pokok di atas CPNS memperoleh hak tunjangan istri/suami dengan syarat adanya pernikahan yang sah di hadapan hukum. Besarannya mencapai 10% dari gaji pokok yang diterima. Tunjangan lain yang diterima CPNS ada tunjangan umum dan tunjangan beras. Tunjangan umum diberikan kepada CPNS maupun PNS yang tidak menduduki jabatan fungsional atau jabatan struktural.

Hak lain yang diterima seorang CPNS adalah uang makan yang diberikan sesuai golongannya. Uang makan dibayarkan berdasarkan hari kerja masuk selama 1 bulan. Tarifnya golongan III Rp 37.000 per hari dan golongan I dan II Rp 35.000/hari. Pembayaran uang makan diakumulasi selama sebulan dan dibayarkan pada bulan berikutnya dengan dikenakan PPh sesuai ketentuan.

Tunjangan Kinerja

Perlu diketahui setiap pegawai termasuk CPNS di lingkungan Kementerian/Lembaga berhak atas tunjangan kinerja berdasarkan kinerjanya. Besaran tunjangan setiap K/L berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Presiden yang mengatur mengenai tunjangan kinerja Pegawai pada masing-masing kementerian negara/lembaga.

Sedangkan persentase tunjangan kinerja yang diterimakan kepada CPNS tergantung dengan kebijakan K/L tersebut. Bisa saja tunjangan kinerja yang dibayarkan sudah penuh 100% seperti Kemenkeu dan Kemenkes, namun K/L lain tunjangan kinerja untuk CPNS rata-rata diberikan 80%.


Perkiraan gaji CPNS per bulan



Keterangan :

* Tunjangan kinerja CPNS untuk grade (kelas jabatan) dan besarannya berbeda tiap K/L. Angka di atas memakai contoh Tunjangan Kinerja Kemenkumham. 

sumber : beritapns.com

Demikian informasi ini kami bagikan sebagai gambaran bagi sahabat siyua berbagi mempersiapkan diri mengiuti seleksi CPNS daerah 2018 yang akan dibuka sebentar lagi.

0 Response to "Simak !!! CPNS Daerah Dibuka Sebentar Lagi, Inilah Simulasi Gaji CPNS Per Bulan !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel